MEMANFAATKAN GAYA BELAJAR
Menjelaskan pentingnya mengenali gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Setelah mengenal gaya-gaya ini, Anda sekarang tahu cara mengidentifikasi dan mengajar siswa yang memiliki gaya belajar unik dan berharga ini. Kami ingin menyarankan beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membantu siswa memaksimalkan gaya belajar mereka masing-masing.
Pertama, jelaskan kepada mereka bahwa orang belajar dengan cara yang berbeda-beda, dan semua cara sama baiknya. Setiap cara mempunyai kekuatan sendiri-sendiri. Dalam kenyataanya, kita semua memiliki ketiga gaya belajar itu; hanya saja biasanya atau gaya mendominasi (Rose dan Nicholl, 1997).
Selanjutnya, buatlah siswa menyadari gaya belajar masing-masing. Tes berikut ini akan membantu setiap siswa mengidentifikasi gayanya.
PENILAIAN VISUAL-AUDITORIAL-KINESTETIK (V-A-K)
Tandailahh kotak yang sesuai untuk setiap pertanyaan . Jumlahkan nilai Anda untuk setiap bagian. Kemudian buatlah grafik dari hasilnya.
VISUAL sering kadang-kadang jarang
§ Apakah Anda rapi dan teratur?
§ Apakah Anda berbicara dengan cepat?
§ Apakah Anda perencana dan pengatur
jangka panjang yang baik?
§ Apakah Anda pengeja yang baik dan dapatkah
Anda melihat kata-kata dalam pikiran Anda?
§ Apakah Anda lebih ingat apa yang dilihat
daripada yang didengar?
§ Apakah Anda mengahafal dengan asosiasi visual?
§ Apakah Anda sulit mengingat perintah lisan
kecuali jika dituliskan, dan apakah Anda sering
meminta orang mengulang ucapannya?
§ Apakah Anda lebih suka melakukan demonstrasi
daripada berpidato?
§ Apakah Anda lebih menyukai seni daripada musik?
§ Apakah Anda tahu apa yang harus dikatakan,
tetapi tidak terpikir kata yang tepat?
Subtotal _____ _____ _____
x 2 x 1 x 0
Total _____ + _____ + _____
= _____
AUDITORIAL sering kadang-kadang jarang
§ Apakah Anda berbicara kepada diri sendiri saat bekerja?
§ Apakah Anda mudah terganggu oleh keributan?
§ Apakah Anda menggerakkan bibir/melafalkan kata saat
membaca?
§ Apakah Anda suka membaca keras-keras dan
mendengarkan?
§ Dapatkan Anda mengulang dan menirukan nada,
perubahan, dan warna suara?
§ Apakah Anda merasa menulis itu sulit, tetapi pandai
bercerita?
§ Apakah Anda berbicara dengan pola berirama?
§ Apakah menurut Anda, Anda adalah pembicara yang
fasih?
§ Apakah Anda lebih menyukai musik daripada seni?
§ Apakah Anda belajar melalui mendengar dan
mengingat apa yang didiskusikan daripada yang
dilihat?
§ Apakah Anda banyak bicara, suka berdiskusi, dan
menjelaskan panjang lebar?
§ Apakah Anda lebih baik mengeja keras-keras daripada
menuliskannya?
Subtotal _____ _____ _____
x 2 x 1 x 0
Total _____ + _____ + _____
= _____
KINESTIK sering kadang-kadang jarang
§ Apakah Anda berbicara dengan lambat?
§ Apakah Anda menyentuh orang untuk mendapatkan
perhatiannya?
§ Apakah Anda berdiri dekat-dekat saat berbicara dengan
seseorang?
§ Apakah Anda berorientasi pada fisik dan banyak bergerak?
§ Apakah Anda belajar melalui manipulasi dan praktik?
§ Apakah Anda menghafal dengan berjalan dan melihat?
§ Apakah Anda menggunakan jari untuk menunjuk saat
membaca?
§ Apakah Anda banyak menggunakan isyarat tubuh?
§ Apakah Anda tak bisa duduk tenang untuk waktu lama?
§ Apakah Anda membuat keputusan berdasarkan perasaan?
§ Apakah Anda mengetuk-ngetuk pena, jari, atau kaki saat
mendengarkan?
§ Apakah Anda meluangkan waktu untuk berolahraga dan
berkegiatan fisik lainnya?
Subtotal _____ _____ _____
x 2 x 1 x 0
Total _____ + _____ + _____
= _____
24 | | | |
23 | | | |
22 | | | |
21 | | | |
20 | | | |
19 | | | |
18 | | | |
17 | | | |
16 | | | |
15 | | | |
14 | | | |
13 | | | |
12 | | | |
11 | | | |
10 | | | |
9 | | | |
8 | | | |
7 | | | |
6 | | | |
5 | | | |
4 | | | |
3 | | | |
2 | | | |
1 | | | |
| | | |
Isi grafik ini dengan nilai Anda.
Setelah Anda memberikan tes dan siswa telah mengidentifikasikan gaya belajar mereka, beri mereka tip-tip ini:
Pelajar Visual
Dorong pelajar visual membuat banyak simbol dan gambar dalaam catatan mereka. Dalam matematika dan ilmu pengetahuan, tabel dan grafik akan memperdalam pemahaman gambar mereka. Peta pikiran dapat menjadi alat yang bagus bagi para pelajar visual dalam mata pelajaran apa pun. Karena para pelajar visual belajar terbaik saat mereka mulai dengan “gambaran keseluruhan”, melakukan tinjauan umum mengenai bahan pelajaran akan sangat membantu. Membaca bahan secara sekilas, misalnya, memberikan gambaran umum mengenai bahan bacaan sebelum mereka terjun ke dalam perinciannya.
Pelajar Auditorial
mendengarkan kuliah, contohm dan cerita serta mengulang informasi adalah cara-cara utama belajar mereka. Para pelajar auditorial mungkin lebih suka merekam pada kaset daripada mencatat, karena mereka suka mendengarkan informasi berulang-ulang. Mereka mungkin mengulang sendiri dengan keras apa yang Anda katakan. Mereka tentu saja menyimak, hanya saja merekas suka mendengarkannya lagi. Jika Anda melihat mereka kesulitan dengan suatu konsep, bantulah mereka berbicara dengan diri mereka sendiri untuk memahaminya. Anda dapat membuat fakta panjang yang mudah diingat oleh siswa auditorial dengan mengubahnya menjadi lagu, dengan melodi yang sudah dikenal dengan baik. Ada pelajar auditorial yang uska mendengarkan musik sambil belajar, ada yang menganggapnya sebagai gangguan. Pelajar auditorial harus diperbolehkan berbicara dengan suara perlahan pada diri mereka sendiri sambil mereka berkerja.
Pelajar Kinestetik
Pelajar-pelajar ini menyukai proyek terapan. Lakon pendek dan lucu trrbukti dapat membantu. Para pelajar kinestetik suka belajar melalui gerakan, dan paling baik menghafal informasi dengan mengasosiasikan gerakan dengan setiap fakta. Tunjukkan caranya kepada mereka. Banyak pelajar kinestetik menjauhkan diri dari bangku; mereka lebih suka duduk di lantai dan menyebarkan pekerjaan di sekeliling mereka.
Dorong siswa untuk menerapakan semua metode ini dalam belajar. Anda mungkin juga ingin memberi tahu orangtua tentang tipe belajar si anak dan mengajarkan mereka strategi yang mendukung gaya belajar tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar