About me

Foto Saya
Gayumii bLog
Semoga blog ini bermanfaat
Lihat profil lengkapku
Feeds RSS
Feeds RSS

Jumat, 30 Maret 2012

Tugas Media BK


BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar belakang
              Menurut pemikiran yang agak tradisional guru BK merupakan salah satu obyek yang ditakuti oleh peserta didik dan hanya senagai “penceramah” yang wajib di dengar jika tidak ingin menambah masalah. Namun, itu sebenarnya justru membuat peserta didik semakin menjauh dari guru BK. Oleh sebab itu, di era yang sudah maju ini diharapkan guru BK ikut berperan aktif dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Tak hanya sekedar memberikan nasehat dan patuah yang menjenuhkan peserta didik, namun guru BK ditantang untuk dapat menarik peserta didik agar paradikma lama “ guru BK merupakan polisi sekolah” dapat terhapus dari pikiran mereka.
                  Tidak hanya sekedar melakukan Bimbingan dan Konseling, kemampuan membuat media juga wajib dimiliki guru BK. Hal itu dilatar belakangi oleh betapa besar pengaruh media terhadap keefektifan kegiatan konseling.

B.     Rumusan Masalah
1.      Mengapa guru BK dituntut agar dapat membuat media dalam melakukan Bimbingan dan Konseling?
2.      Apakah yang dimaksud dengan Flipchart?
3.      Apa saja kelebihan Flipchart?
4.      Bagaimana cara mendesain Flipchart?
5.      Bagaimana cara mengoperasikan flipchart?
6.      Apa yang dimaksud dengan papan bimbingan?
7.      Apa kelebihan dari papan bimbingan?
8.      Bagaimana cara pembuatan papan bimbingan?
9.      Bagaimana cara membuat mediapresentasi?

C.       Tujuan
1.      Agar guru BK paham akan pentingnya Media dalam kegiatan Bimbingan dan Konseling.
2.      Agar guru BK mengetahui berbagai macam bentuk media, dapat membuat serta mahir dalam mengoperasikannya.


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan kekuasaan dan ridhoNya makalah yang berjudul “ Teknik Pembuatan Media “ ini dapat diselesaikan dengan baik. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Media Bimbingan Konseling.
Isi dari makalah ini masih banyak terdapat kekurang sempurnaan meskipun penulis telah semaksimal mungkin dalam mengerjakannya. Kritik dan saran dari para pembaca dan teman-teman sejawat sebagai Pembina dan pegembang mata kuliah Media Bimbingan Konseling tersebut amat penulis harapkan demi penyempurnaan tatanan dan substansi makalah ini di masa mendatang. Terima kasih.




                                                                                   



Penyusun,














BAB II
PEMBAHASAN

I.     PENDAHULUAN
Pada konsep tradisional guru BK lebih berperan sebagai transformaator artinya guru BK berperan hanya sebagai penyampai pesan dengan menggunakan komunikasi langsung (direccomunication), pola ini membuat siswa kurang aktif hanya menerima materi saja dan tidak sesuai dengan konsep bimbingan konseling yang memandang siswa sebagai individu yang aktif memiliki kemampuan potensi yang perlu dieksplorasi secara optimal.Tugas guru BK selain menjadi perancang program  bimbngan dan konseling namun juga merancang medianya.
Suatu media bimbingan dan konseling dikatakan baik bila media tersebut memiliki tingkat relevasi dengan tujuan BK, materi dan karakteristik siswa. Dilihat dari kewenangan dalam bimbingan dan konseling, guru BK adalah oarang yang paling menguasai materi dan menguasai tujuan serta kebutuhan siswanya.

II.  PEMBUATAN MEDIA GRAFIS
A.Membuat Flipchart
1.    Pengertian
Flipchart adalah lembaran kertas meyerupai album atau kalender berukuran 50x75 cm atau ukuran paling kecil 21x28 cm sebagai flipbook yang disusun dalam urutan yang diikat pada bagian atasnya. Flipchart dapat digunakan sebagai media penyampaian pesan bimbingan dan konseling.
Dalam penggunaannya dapat dibalik jika pesan pada lembaran depa sudah ditampilkan dan digantikan dengan lembaran berikutnya yang sudah disediakan. Flipchart hanya cocok untuk bimbingan konseling kelompok yang terdiri dari 30 orang. Sedangkan flipbook unutk 4-5 orang.
Penyampaian informasi ini dapat berupa :
a)      Gambar-gambar
b)      Huruf-huruf
c)      Diagram
d)     Angka-angka

2.    Kelebihan
a)      Mampu menyajikan pesan bimbingan dan konseling secara ringkas dan praktis.
b)      Dapat digunakan di dalam ruangan atau luar ruangan.
c)      Bahan pembuatan relatif murah
d)     Mudah dibawa kemana-kemana (moveable)
e)      Menignkatkan aktivitas belajar siswa

3.    Cara mendesain flipchart
a)      Tentukan tujuan bimbingan dan konsleng
b)      Membentuk bentuk flipchart
c)      Membuat ringkasan materi
d)     Merancang draf kasar (Sketsa)
e)      Memilih warna yang sesuai
f)       Menentukan ukuran huruf dan bentuk yan sesuai.

4.  Cara menggunakan flipchart
A.    Mempersilakan diri: dalam hal ini guru BK perlu menguasai bahan bimbingan dan konseling dengan baik, memiliki keterampilan untuk menggunakan media Flipchart.
B.     Penempatan yang tepat. Perhatikan posisi penampilan sehingga dapat dilihat baik oleh semua siswa yang ada diruangan kelas.
C.     Pengaturan siswa. Agar siswa dapat memperoleh pandangan yang baik.
D.    Perkenalkan pokok materi. Terlebih dahulu  memperkenalkan  materi yang disajikan dengan cara bercerita.
E.     Sajikan gambar. Mulailah  memperlihatkan lembaran-lembaran flipchart dan gunakan bahasa yang mudah dipahami siswa.
F.      Beri kesempatan siswa untuk bertanya. Guru BK  memberikan  stimulus agar siswa mau bertanya apakah materi sudah dipahami atau masih kurang jelas.
G.    Menyimpulkan materi. Pada kegitatan bimbingan dan konseling diakhiri dengan kesimpulan.

B. Membuat Papan Bimbingan
Papan Bimbingan merupakan salah satu media yang efektif bagi perubahan perilaku siswa.

1.      Pengertian papan bimbingan
Adalah papan yang khusus digunakan untuk mempertunjukkan materi-materi bimbingan dan konseling yang berisi artikel, gambar, bagan poster, dan objek dalam bentuk tiga dimensi.

2.      Kelebihan
a.       Tempat untuk memajang pamphlet dan lain-lain sehingga dapat meningkatkan minat baca dan belajar siswa.
b.      Dapat dimanfaatkan oleh semua siswa

3.      Cara pembuatan
a.       Alas untuk papan bimbingan dapat menggunakan triplek atau steryoform.
b.      Agar menarik, perlu dicat dengan warna dan diberi bingkai supaya kelihatan rapi.
c.       Berilah judul yang menarik dengan warna dan ukuran yang besar agar terlihat dengan jelas.
d.      Kumpulkanlah bahan-bahan berupa gambar, kartun objek, buku, poster, lem, paku paying, gunting dan lain-lain.
e.       Gunakan gradasi warna agar lebih menarik siswa untuk melihat.
f.       Gunakan penyajian dengan bahasa “anak”, bukan bahasa guru maupun formal.
g.      Layout dan design menggunakan teknik dummy, yaitu meletakkan gambar agar seimbang.
h.      Tempelkan papan Bimbingan sesuai dengan fungsinya

C. Pembuatan Media Presentasi
1.      Dasar Presentasi dengan Power Point 2003
Microsoft PowerPoint 2003 merupakan program aplikasi presentasi yang popular dan paling banyak digunakan saat ini termasuk bimbingan dan konseling. Dengan menggunakan PowerPoint 2003 Anda dapat membuat presentasi secara professional.
Aspek media yang diunggulkan adalah yang bersifat multimedia. Kelebihan multimedia adalah:
a)      Mudah mengingat teks dengan baik jika disertai dengan gambar
b)      Animasi dapat membantu proses pelajaran jika peserta diklat hanya akan dapat melakukan proses kognitif jika dibantu dengan animasi.
c)      Modalitas belajar dapat dibagi menjadi tiga: visual, auditif dan kinestetik. Keberagaman modalitas belajar dapat di atasi dengan menggunakan perangkat media dengan sistem multimedia.














Gambar 1.1
Unsur-unsur Multimedia yang dapat
diintegrasikan melalui Power Point

Program PowerPoint dapat digunakan melalui beberapa tipe penggunaan:
1)      Personal presentation: Digunakan untuk presentasi dalam kuliah, training, workshop, dll.
2)      Stand Alone: PowerPoint dapat dirancang khusus untuk bimbingan dan konseling individu yang bersifat interaktif.
3)      Web Based: Pada pola ini powerpoint dapat diformat menjadi file web sehingga program yang muncul berupa browser yang dapat menampilkan internet.





2.      Prosedur Pengembangan

Up-Down Arrow: 2Up-Down Arrow: 2 










Penyusunan Materi  Presentasi
 
                            













 




Berdasarkan gambar diatas, Prosedur pembuatan presentasi diawali dengan :
a.       Identifikasi program, dimaksudkan untuk melihat kesesuaian antara program yang dibuat dengan materi.
b.      Mengumpulkan bahan pendukung sesuai dengan kebutuhan materi dan sasaran seperti video, gambar, animasi, suara.
c.       Setelah bahan terkumpul dan materi sudah dirangkum, selanjutnya proses pengerjaan di PowerPoint hingga selesai.
d.      Setelah program selesai dibuat, tidak langsung digunakan sebaiknya dilakukan review selanjtnya di revisi dan siap digunakan.

3. Pengenalan Elemen Pokok
Tampilan program power point tidak terlalu berbeda dengan program microsoft office lainnya seperti Ms. Word dan Ms. Excel. Terdapat beberapa daftar menu utama yaitu sbb :
a)      Menu File
Menu file merupakan daftar menu utama untuk mengoperasikan program, yang berisi beberapa sub menu file yaitu :
Ø  New                            : berfungsi untuk membuka bidang kerja baru atau file baru
Ø  Open Program             : berfungsi untuk membuka program yang sudah dibuat (ppt ) dari my document, desktop , my computer dan dari file web (html)
Ø  Save as web pages      : berfungsi untuk menyimpan file menjadi file web (html) terdapat didalamnya fasilitas publish
Ø  Package for CD          : berfugsi untuk menyimpan file ke CD melalui proses burning menggunakan CD Writer
b)     Menu Edit
Menu edit berfungsi untuk memperbaiki dokumen atau objek-objek didalam bidang kerja yang sedang diproses. Dalam menu edit juga terdapat fasilitas untuk mencari kata secara otomatis, yaitu menggunakan find, program akan bekerja mencari kata atau kalimat yang dicari.
c)      View
View berfungsi untuk mengatur tampilan slide, baik dalam proses pengerjaan program presentasi maupun untuk mengatur tampilan dalam menjalankan program (show ).
d)     Insert
Menu Insert digunakan untuk membuat slide baru, memberikan nomor slide, memasukkan objek bidang kerja. Objek yang bisa dimasukkan berupa gambar, grafik, animasi, tabel dan video.
e)      Format
Menu format digunakan untuk mengatur dan memformulasikan tampilan slide presentasi supaya lebih menarik, dinamis dan interaktif.
f)       Slide Sow
Secara umum berfungsi untuk menampilkan program, mengatur animasi, merekam suara dan mengatur transisi .

D. Membuat documen baru
            Untuk membuat dokumen baru pada power point dapat dilakukan dengan mengklik menu file dan pilih new maka pada sebelah kiri bidang kerja akan terdapat fasilitas new presentation.
1.    Membuat presentasi dengan design template
Pada proses ini dokumen yang akan kita buat sudah diberikan pilihan template atau background yang secara otomatis muncul pada bagian kanan bidang kerja.

2.    Membuat dokumen baru dengan Auto Content Wizart
Power point menyediakan fasilitas untuk mempermudah anda membuat dokumen baru dengan cara mengikuti petunjuk wizard. Dengan cara ini tampilan yang dibuat akan disesuaikan dengan tema yang anda pilih.
·         Prezsentation type berfungsi untuk memilih type presentasi sesuai tema.
·         Presentation option berfungsi untuk mengatur tampilan output dari slide presentasi yang dibuat.
E. Mengatur  Slide Master
            Slide master adalah fasilitas di powerpoint yang digunakan untuk membuat satu slide yang dijadikan master baik backgroundnya,layoutnya,header dan footernya yang akan tampil di setiap slide. Mengaktifkan slide master dapat dilakukan dengan cara memilih menu view-master-slide master.
F. Membuat  Template Sendiri
            Template atau background presentasi  dapat dibuat dengan dua cara yaitu menggunakan desain template yang sudah ada atau membuat sendiri template sesuai dengan keinginan kita. Terkadang seseorang tidak puas menggunakan template yang ada karena belum tentu dapat menggambarkan isi dan tema presentasi yang kita buat. Template yang sudah dibuat di adobe Photoshop di save dengan ekstensi file jpg,bmp,PNG atau GIF kemudian dimasukkan ke bidang kerja di power point.
Terdapat 3 cara untuk memasukkan objek gambar ke bidang kerja:
1.      Menggunakan Fasilitas Insert
Caranya :buka menu insert,pilih picture,pilih from file.
2.      Menggunakan fasilitas Background
Caranya :pada menu format,pilih background atau pada bidang kerja klik kanan pilih background ,pilih fill effect,pilih picture,pilih select picture dan ambil gambar di directori anda.
3.      Copy Paste
Perintah ini juga berlaku untuk memindahkan obyek gambar dari satu file ke file yang lain dengan obyek gambar yang terbuka.
G. Mengatur Animasi
            Dinamisasi tampilan presentasi dan kemenarikan presentasi  dipengaruhi oleh penggunaan animasi.Penggunaan animasi yang tepat akan membuat presentasi lebih baik dan tidak menjenuhkan. berlaku untuk Animasi di power point semua objek baik gambar,teks,grafik,animasi dan video. Untuk mengaktifkannya dapat dilakukan dengan cara:
¨      Seleksi terlebih dahulu objek yang akan dianimasikan, yaitu dengan cara mengklik objek tersebut yang ada pada bidang kerja,kemudian klikkanan sampai muncul tool-bar perintah selanjutnya. Kemudian pilih Custom Animations.
¨      Setelah mengklik custom animation,akan muncul windows untuk mengatur animasi,dengan kelengkapan menu diantaranya: Add Effect:untuk memunculkan efek animasi . ini adalah jenis efek yang terdapat pada Power Point, Remove : berfungsi untuk menghapus objek yang  telah diberi animasi.
¨      Didalam menu modify  terdapat 3 fasilitas,yaitu:
1.      Start: untuk mengatur animasi apakah on mouse clik(animasi akan muncul jika di klik), with Previews: animasi muncul bersamaan dengan perpindahan slide dan after Previous: animasi muncul setelah perpindahan slide.
2.      Direction : menunjukkan arah datangnya animasi
3.      Speed : untuk mengatur kecepatan animasi(low,fast,very fast), Play:untuk melihat tampilan setelah dianimasi, Slide show: melihat tampilan animasi dengan full screen.
¨      Untuk lebih menarik ,animasi yang dibuat dilengkapi dengan efek animasi. Untuk mengaktifkannya dapat pilih effect option
¨      Setelah effect option diaktifkan, maka akan keluar jendela untuk mengatur animasi
¨      Selain pengaturan animasi, juga terdapat pengaturan timing. Hal ini dimaksudkan jika file objek yang diberi animasi akan diatur kemunculannya secara otomatis. Maka perlu diatur berapa lama waktu jeda antar animasi tersebut.
H . Mengatur Transisi
            Transisi adalah efek pada setiap perpindahan antar slide. Untuk mengaktifkan menu transisi dapat dilakukan dengan cara memilih menu slide show, pilih slide transition.
I.     Mengatur hyperlink
Salah satu aspek dalam multimedia adalah terdapat fasilitas dimana setiap objek dengan objek yang lainnya termasuk dengan teks dapat saling berhubungan (Link). Untuk melakukan link, lakukan dengan cara : klik kanan pada objek yang akan diberi link, lalu pilih hyperlink. Juga dapat dilakukan dengan klik atau blok objek atau teks yang akan di link,  file yang di tuju. Meliputi :
Ø  Editing file or Web Page :Dalam hal ini file yang akan di link adalah file web (html) caranya anda ketikkan alamat webnya. Tulis lengkap. Misal : http://www.cepiriyana.blogspot.com
Ø  Place in this document : fasilitas ini menunjukkan jika anda akan mengalamatkan linknya ke slide yang ada di dokumen yang sedang aktif.
Ø  Create New Document : untuk link ke dokumen yang berada didirectori anda
Ø  E-Mail address : untuk menghubungkan bidang kerja file kita ke email yang di tuju, dengan memasukkan alamat  email judul pesan email anda.
Ø  anda juga dapat menghubungkan teks, objek atau grafis anda ke file di luar program power point.
J. Menjalankan Power Point
a.       Menjalankan presentasi dengan slide show
Slind show digunakan untuk menjalankan seluruh slide yang sudah dibuat dalam bentuk presentasi di layar monitor yang dimulai dari posisi slide yang sedang aktif.
Untuk menjalankannya gunakan  salah satu cara berikut ini :
·         pilih dan klik tampilkan slide show yang ada pada pojok kiri jendela Power Point 2003
·         pilih dan klik menu view, slide show ( F5 )
·         Pilih dan klik slide show, view show ( F5 )
Setelah slide yang dipilih ditampilkan dilayar monitor, anda dapat beralih ke monitor berikitnya dengan menekan tombol Space bar,Enter atau mengklik tombol Mouse.

b.      Mengatur slide yang akan ditampilkan
Sebelum menjalankan presentasi dilayar monitor, anda dapat mengatur terlebih dahulu slide- slide yang akan ditampilkan pada presentasi dengan langkah sebagai berikut :
·         Pilih dan klik menu Slide Show, Setup Show, kotak dialog setup show akan ditampilkan
·         Pada kotak show Type, beri tanda atau klik tombol pilihan presented by speaker (full screen) untuk menjalankan presentasi dalam bentuk layar penuh dengan proses penampilan diatur oleh penyaji.
·         Pada kotak dialog beri ceklist pada all untuk menjalankan presentasi seluruhnya dan forum untuk sebagian
·         Pada kotak advance sebaliknya pilih Manualy untuk menampilkan slide perslide secara manual. Jika sudah selesai klik ok.

c.       Mengatur Lamanya Tampilan slide dengan slide Timings
            Untuk mengatur lamanya tampilan slide secara otomatis anda dapat memanfaatkan fasilitas Slide Timing. Dengan menggunakan slide timing, persentasi anda akan dijalankan secara otomatis, sesuai dengan waktu yang ditentukan.
            Cara mengatur dan menentukan lamanya tampilan slide dengan menggunakan langkah berikut :
·         Pilih dan klik menu Slide Show, pilih rehearse Timing dengan langkah ini presentasi atau slide show akan dijalankan akan ditampilkan kotak dialog rehearsal yang menunjukkan berapa lama slide tersebut telah ditampilkan dilayar monitor.
·         Apabila anda merasa waktu atau tampilan slide yang terlihat dilayar sudah selesai dengan keinginan, pada kotak dialog Rehearse, klik tombol perintah bergambar anak panah ke kanan atau tekan tombol enter.
·         Selain baru berikutnya akan di tampilkan, jika lamanya tampilan slide yang baru tersebut sudah sesuai dengan keinginan, klik tombol perintah anak panah ke kanan atau tombol enter dan seterusnya sampai seluruh slide presentasi selesai ditampilkan.
·         Setelah seluruh slide presentasi selesai ditampilkan di layar, kotak dialog yang mengkonfirmasi total waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan seluruh slide presentasi akan ditampilkan
d.      Merekam suara pengaji atau pembicara
Apabila diperlukan anda dapat merekam suara penyaji atau pembicara yang berisi penjelasan dari setiap slide yang akan di presentasikan.
 Untuk merekam suara yang ingin disampaikan penyaji ikuti langkah berikut ini :
    Merekam suara sebaiknya anda menggunakan tampilan slide sorter view
    Pilih dan klik slide yang anda rekam penjelasannya
    Pilih dan klik menu Slide Show Record Narration
    Kotak dialog record narration akan ditampilkan.
    Pada kotak dialog tersebut ditampilkan informasi tentang kualitas hasil perekaman, jumlah sisa hardisk computer, maksimal waktu  perekaman yang dapat dilakukan dan local file hasil rekaman. Klik ok
    Dengan langkah diatas, presentasi akan dijalankan dan anda siap untuk merekam suara penyaji atau pembicara yang berisi penjelasan slide yang anda pilih
    Untuk mengakhiri perekaman tekan Esc, kotak dialog yang mengkonfirmasi hasil rekaman akan disimpan atau tidak akan ditampilkan, klik tombol Yess untuk menyimpan hasil perekaman
    Dengan cara di atas suara penyaji pada penyaji pada setiap slide akan tersimpan,

K.  Tips Desain Presentasi dengan Power Point 2003
            Keberhasilan presentasi dipngaruhi oleh desain media presentasi yang di tampilkan, beberapa tips desain :
·         Salah satu karakteristik pokok dari program Power Point ini adalah bersifat multimedia, tampilkan unsure gambar, video, animasi dan suara pada presentasi anda tidak hanya teks saja.
·         Buatlah background atau template sendiri pada presentasi anda dengan menampilkan aksen objek sesuai dengan tema presentasi.
·         Jika menggunakan latar dengan warna yang terang, maka gunakan teks dengan intensitas yang gelap
·         Gunakanlah warna untuk memperindah tampilan sekaligus memberikan focus pada penyajian.
·         Gunakanlah huruf- huruf yang memiliki karakter jelas dan tegas hindari karakter atau jenis Fon Dekoratif, jika pesannya banyak dan dalam jarak yang agak jauh menjadi tidak terbaca.
·         Sajian informasi ( pesan bimbingan dan konseling ) yang disajikan dalam power point bukan kata-kata bentuk uraian dengan kalimat yang panjang dan kalimat buku teks, namun gunakanlah kalimat yang singkat padat dan bersifat garis besar atau pokok pikiran utama.
·         Pesan akan lebih lomunikatif apabila lebih banyak menyajikan gambar yang relevan dan grapik serta struktur materi yang dibuat menggunakan bagan dengan alur yang jelas, sehingga memudahkan untuk mencerna materi.

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Guru BK tidak hanya berperan sebagai penyampai pesan melalui komunikasi secara langsung yang cenderung membuat peserta didik menjadi pasif, namun guru BK diharapkan memiliki kreatifitas untuk membuat berbagai macam media yang sekiranya dapat mendukung pesan yang disampaikan. Selain menjadi fasilitator disinilah guru BK sebagai kreator yaitu menciptakan media yang tepat,efisien dan menyenangkan bagi peserta didik.

Saran
Sudah selayaknya sebagai seorang guru BK yang terlibat dalam pengelolaan sekolah mengetahui dan memahami permasalahan-permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan dan mengerti pula upaya yang harus dilakukan untuk mendukung kemajuan pendidikan. Makalah ini membahas tentang teknik pembuatan media yang wajib dipahami oleh setiap guru dan disini dikhususkan untuk guru BK. Mungkin akan ditemukan kesalahan dan kekurangan dalam makalah ini, sehingga kami memohon kritik dan saran dari anda semua yang membaca demi penyempurnaan makalah kami selanjutnya



0 komentar:

Posting Komentar